logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • g agung
  • workshop hdp
  • agenda puskesmas

Donald Trump Mengeluh Bencana Puerto Riko Habiskan Banyak Anggaran

Donald Trump

Setelah dikritik lamban dalam menangani krisis akibat Badai Maria di Puerto Riko, Presiden Donald Trump akhirnya mengunjungi Puerto Riko pada Selasa (3/10) waktu setempat. Trump datang untuk membuktikan komitmennya dalam penanganan bencana alam kepada warga Puerto Riko.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS) ini juga memuji bantuan yang telah diberikan pemerintahannya kepada Puerto Riko. Namun, Trump mengatakan bahwa bencana tersebut menekan batasan anggaran AS.

"Saya benci untuk memberitahukannya, tapi Anda (Puerto Riko) membuat kami harus menekan anggaran karena kami menghabiskan banyak uang di sini (Puerto Riko)," ujar Trump seperti dilansir Reuters (3/10).

Meski begitu, menurut Trump, hal tersebut bukanlah masalah yang besar.

"Tapi tidak apa-apa, (karena) kita sudah menyelamatkan banyak nyawa," tambah Trump.

Kedatangan Trump disambut oleh Wali Kota San Juan, Carmen Yulin Cruz. Pertemuannya keduanya menjadi perbincangan karena beberapa hari sebelumnya, Trump menyebut Cruz memiliki kepemimpinan yang buruk setelah Cruz mengkritik pemerintahannya lamban dalam menangani badai Maria yang menerjang Puerto Riko.
Trump yang datang bersama istrinya, Melania, bertemu para korban yang selamat dari bencana di dekat kota Guaynabo. Trump akan menggunakan helikopter untuk melihat kerusakan-kerusakan yang terjadi.

Sebelum meninggalkan Washington pada Selasa pagi, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa jalan telah dibersihkan dan komunikasi sudah berangsur membaik di pulau itu.

Pasca diterjang badai Maria, Puerto Riko sempat dilanda krisis air bersih dan pasokan bahan bakar. Warga juga kesulitan untuk mendapatkan sinyal telepon seluler. Sekitar 88 persen dari situs ponsel masih belum berfungsi lagi.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Federal (FEMA), pemerintahan Trump telah memberikan lebih dari 20,5 juta dolar AS ke Puerto Riko untuk penanggulangan bencana.

Selain itu, pemerintah AS disebut-sebut juga akan meminta bantuan kongres sebesar 13 miliar dolar AS untuk Puerto Riko dan daerah-daerah lain yang dilanda bencana alam. Namun, biaya yang diperlukan untuk pemulihan Puerto Riko diperkirakan lebih dari 30 milar dolar AS.