logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • agenda2018
  • hdp

Reportase hari 3:

Pelatihan Pengurangan Risiko Bencana Sektor Kesehatan

Fokus pada Koordinasi Bidang Kesehatan

Yogyakarta, Rabu 30 Oktober 2013


hari3-foto

Materi dihari ketiga adalah inti dari pelatihan ini, bagaimana koordinasi lintas sektor dapat berjalan dengan baik pada masa bencana. Penugasan oleh fasilitator berhubungan dengan penyampaian pesan, komunikasi koordinasi, dan publikasi informasi kepada masyarakat.

Dr. Hendro Wartatmo dari FK UGM menyampaikan materi mengenai Coordination of Health Cluster During Disaster Response. Penyebab masalah pada masa bencana adalah inadequate coordination sehingga perbaikan koordinasilah yang bisa membuat penanganan bencana menjadi lebih teratur. Dalam koordinasi diperlukan seorang komandan dan struktur/alur komando. Inilah cikal bakal pembentukan Incident Commander pada masa bencana.

Komunikasi pada masa bencana sering kali tidak bertanggungjawab, terutama mengenai jumlah korban. Tentu saja informasi yang tidak bertanggungjawab bisa meresahkan penerima informasi. Saat ini BNPB, BMKG, dan pemantauan volkanologi terus melakukan perbaruan dalam menjalin komunikasi sehingga informasi bencana yang terkait dengan peringatan dini bisa dilakuan lebih baik. Begitu juga dengan pendirian Media Center sehingga arus infomasi berasal dari satu pintu untuk masyarakat.


Back Kembali ke Halaman Utama Pelatihan