logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • agenda2018
  • hdp

Hospital Disaster Plan Hari Pertama

1. Koordinasi dalam Manajemen Bencana
    Oleh: Drs. Mudjiharto., MM (PPK –DEPKES)


Deskripsi singkat:

Beliau memberikan penjelasan mengenai keadaan bencana di Indonesia, bahwa Indonesia merupakan negara rawan  bencana. Oleh karena itu, menjadi tugas kita bersama untuk menyiapkan diri, terutama bagi rumah sakit. Rumah sakit memiliki peranan penting saat terjadi bencana, terutama dalam penanganan korban. Berdasarkan latar belakang ini kita membuat Hospital Disaster Plan untuk menyiapkan rumah sakit dalam menghadapi bencana. Dalam Hospital Disaster Plan ini nantinya akan dibina networking agar akses kerjasama lebih mudah. Hospital Disaster Plan adalah salah satu program di pusat krisis, dimana tim dari PPK tidak bekerja sendiri akan tetapi bekerja sama dengan unit lain di Kementrian Kesehatan. Acara kali ini adalah angkatan kedua yang sebelumnya dilaksanakan di Yogyakarta untuk Wilayah Barat.

Materi Presentasi

2. Hospital Preparedness and Hospital Disaster Plan
    Oleh: dr. Emil Ibrahim., MARS


Deskripsi singkat:

Beliau menyampaikan tentang peran rumah sakit dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana. Ada satu istilah Indonesia sebagai “supermarket bencana” karena begitu banyak bencana yang terjadi di Indonesia dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini. Oleh karena itu, diperlukan kesiapan rumah sakit sebagai sebuah organisasi yang menjadi tempat pertama yang didatangi pada saat bencana. Beliau memaparkan banyak foto di daerah yang pernah terjadi bencana, serta buku pedoman tentang kesiapan rumah sakit dalam menghadapi bencana yang diterbitkan oleh Yanmed.


Materi presentasi

3. Role of University in Disaster Management of Health Sector
    Oleh: dr. Hendro Wartatmo., SpB., KBD


Deskripsi singkat:

Beliau menyampaikan pentingnya peran perguruan tinggi dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana. Ada banyak bidang ilmu yang ada di perguruan tinggi yang memiliki peran dalam bencana, misalnya teknik sipil tentang struktur bangunan, bidang studi psikologi tentang kesehatan mental, dan lain sebagainya. Dengan peran perguruan tinggi disini bertujuan untuk membantu program Hospital Disaster Plan lebih terstruktur.

Materi presentasi

4. Ethic and Legal Aspect in Disaster Management
    Oleh: dr. Vijay Nath Kyaw Win


Deskripsi singkat:

Bahwa kita sebagai manusia tidak hanya tahu tentang moral yang baik, akan tetapi bagaimana melakukan hal tersebut untuk menghargai orang lain. Hal ini ada kaitannya dengan keberadaan kita pada saat bencana, bagaimana kita dapat menempatkan orang lain aman atau sebaliknya. Pentingnya aspek hukum dalam penanganan korban juga disampaikan pada sesi ini.

Materi presentasi