logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • agenda2018
  • hdp

Indonesia Disaster Preparedness, Response, Recovery, Expo and Conference 2011

IDEC 2011

(Indonesia Disaster Preparedness, Response, Recovery, Expo and Conference 2011)

alt

Indonesia terletak di lempeng tektonik utama yaitu Lempeng Indonesia-Australia, Eurasia Plate dan Lempeng Pasifik. Ketiga lempeng tektonik tersebut menyebabkan gempa dan juga bisa menyebabkan tsunami. Bencana lainnya seperti banjir, kebakaran dan angin topan adalah hasil dari kerentanan alam dan kehancuran.

Pencapaian Presiden Republik Indonesia, Dr H. Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Juara Global untuk Pengurangan Risiko Bencana dari PBB yang diberikan untuk keberhasilan Indonesia dalam mengembangkan kesadaran tentang pentingnya pengelolaan bencana dan memasukkan kedalam roadmap pembangunan jangka panjang dan kebijakan nasional.

Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan dukungan dari departemen lain menyelenggarakan Indonesia Disaster Expo & Conference (IDEC) 2011 pada 27-30 Oktober 2011 di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta. Indonesia Disaster Preparedness, Response, Recovery, Expo and Conference diikuti oleh lebih dari 100 peserta dengan lebih kurang 100.000 pengunjung. Peserta terdiri dari instansi pemerintah, lembaga dan juga pelaku industri produk-produk kebencanaan dari dalam dan luar negeri. Produk ataupun jasa yang dapat dilihat selama pameran antara lain kamera pengawas, sistem pemetaan, tank evakuasi, helikopter, alarm, perahu karet, mobil penjernih air, mobil identifikasi korban, berbagai jenis tenda darurat, mobil pemadam kebakaran, alat-alat pemadam, alat pelacak korban bencana, konsultan keselamatan, peralatan kesehatan, peralatan evakuasi, dan masih banyak lagi. Ini adalah IDEC yang pertama kali diselenggarakan dan diharapkan akan berkesinambungan tiap tahunnya.

Kegiatan ini sangat berfungsi dan berperan untuk mendidik, menginformasikan, dan mempromosikan produk penanggulangan bencana kepada masyarakat. Ini juga dapat  digunakan sebagai media untuk menyajikan program-program penanganan bencana ke internasional, dan mempublikasikan informasi dari potensi bencana yang akan terjadi, bagaimana cara mengantisipasi, tindakan yang harus dilakukan dan menunjukkan hasil produk inovasi teknologi yang berhubungan dengan kesiapsiagaan bencana, respon dan pemulihan.

Kegiatan yang diselenggarakan di IDEC 2011 seperti Pendidikan dengan mengundang sekolah-sekolah, universitas, organisasi masyarakat, dan masyarakat umum untuk melihat serta belajar tentang bencana; Informasi tentang pengurangan bencana dan program penanganan dengan perkembangan teknologi; simulasi untuk pertolongan pertama bagi korban, simulasi bencana, dan simulasi prosedur standar untuk mengurangi risiko bencana; Jaringan sebagai tempat untuk berkumpulnya organisasi masyarakat, relawan, peneliti, investor, pemerintah dan stakeholder lainnya; Promosi untuk industri yang terkait dengan peralatan pemantauan, antisipasi, pencegahan, sampai pengurangan risiko bencana dan Penjualan jasa serta produk pengurangan risiko bencana.

Untuk melihat detail kegiatan harian bisa dilihat dalam tombol berikut:

altaltaltalt