logo

ugm-logo

Launching Buku : Relawan Kesehatan di Medan Bencana

Rabu, 30 Oktober 2019

Diselenggarakan oleh:
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Universitas Gadjah Mada


PENGANTAR

Indonesia merupakan negeri yang terletak di wilayah cincin api dunia, dengan karakteristik geografis rawan bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)   mencatat sebanyak 2.277 bencana alam terjadi sejak Januari – Juli 2019. Bahkan, menjelang akhir Januari 2019, data dari Centre for Research on the Epidemiology of Disasters (CRED) dan EM-DAT   (International   Disaster   Database),   Badan Perserikatan Bangsa - Bangsa   untuk Pengurangan Risiko Bencana (United Nations Office for Disaster Risk Reduction/UNISDR) menunjukkan bahwa Indonesia berada pada peringkat pertama negara dengan jumlah korban jiwa tertinggi akibat bencana alam sepanjang 2018.

Bencana   geologi,   mulai   gempa,   tsunami,   erupsi   gunung   berapi,   longsor,   banjir,   dan belakangan likuefaksi, merupakan peristiwa alam yang terjadi secara tak terduga dan tak mengenal waktu. Dampak yang ditimbulkan pun sangat besar, seperti hancurnya infrastruktur bangunan, rusaknya infrastruktur sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat hingga jatuhnya korban jiwa. Kehadiran bencana memang tidak bisa dicegah, akan tetapi masih mungkin untuk melakukan tindakan yang mampu mengurangi risiko akibat paparan dampaknya. Oleh karenanya, kesiapsiagaan dan upaya mitigasi bencana sangat diperlukan terutama untuk menurunkan angka cedera, hilang, dan jatuhnya korban jiwa.

Tim Bencana Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan FK- KMK/RSUP Dr. Sardjito berinisiatif menyusun buku yang berisi berisi catatan lapangan tim membantu korban bencana di Indonesia selama kurun waktu 15 tahun. Narasi buku diawali dengan kisah tim saat tsunami Aceh pada Desember 2004 hingga tsunami Selat Sunda menghantam Banten dan Lampung pada Desember 2018. Tidak hanya itu, buku yang ditulis juga mengungkapkan pengalaman pribadi salah satu anggota tim yang terlibat dalam penanganan bencana kelaparan di Kabupaten Lombok Tengah, NTB 1980, serta erupsi Merapi 1994.

Belum banyak buku pengalaman penanganan bencana yang khusus membahas kegiatan tim kesehatan di lapangan. Berkaitan dengan hal tersebut, FK- KMK UGM akan menggelar launching dan bedah buku “Relawan Kesehatan di Medan Bencana”, untuk memperkenalkan karya buku tersebut sekaligus harapannya buku ini dapat menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa kesehatan dan masyarakat umum yang tertarik pada bidang kesehatan bencana.

 

TUJUAN

Agenda ini bertujuan untuk:

  1. Launching buku “Relawan Kesehatan di Medan Bencana, perjalanan Tim FK UGM/RSUP dr. Sardjito Membantu Korban Bencana (2004-
  2. Diskusi pengalaman dan pembelajaran tim kesehatan dalam penanganan bencana.

 

WAKTU DAN TEMPAT

Waktu     : Rabu 30 Oktober 2019

Pukul       : 10.00 – 12.00 WIB
                 (bersamaan dengan pembukaan pameran ilmiah bencana kesehatan)

Tempat   : Auditorium FK - KMK UGM

 

WEBINAR

http://bit.ly/webinarbencana2019
Webinar ID: 163-113-235

        

JADWAL KEGIATAN

Waktu Kegiatan Ket.
09.50 – 10.00 Registrasi  
10.00 – 10.10 Pembukaan Dekan FK - KMK UGM
10.10 – 10.40 Pemaparan isi buku  
10.40 – 11.00 Diskusi dan tanya jawab Moderator
11.00 – 12.00 Pembukaan Pameran Ilmiah Bencana Kesehatan

Informasi Lebih Lanjut

Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM Gedung IKM Sayap Utara Lantai 2
Jalan Farmako Sekip Utara, Yogyakarta 55281 Indonesia
Phone/fax: +62 274 549425
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.m
Website: www.bencana-kesehatan.net

Dewi Catur Wulandari
Mobile: +62 818-263-653
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.