logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • agenda2018
  • mental health

Arsip Bencana Kesehatan Tahun 2017

 

JANUARI

Tahun 2017 diawali dengan 2 kegiatan lapangan yang telah dilakukan Divisi Manajemen Bencan PKMK beserta FK UGM secara umum dalam menanggapi kejadian Gempa Pidie Jaya serta Bajir bandang di Bima, NTB. Partisipasi aktif dengan memberikan bantuan langsung ke tempat kejadian dilakukan. Pada Gempa Pidie Jaya fokus yang dilakukan tim kedua pada saat itu adalah penguatan sistem kesehatan pasca bencana, khususnya untuk Puskesmas. Sedangkan tim kedua yang dikirimkan ke Bima berfokus pada penerapan teknologi alat pemanen air hujan (Grup 1) dan studi kesehatan lingkungan (Grup 2). Sebelumnya telah dikirim tim 1 dalam membantu penanganan kejadian ini.

Link terkait:

 

FEBRUARI

Divisi Manajemen Bencana untuk mengawali bulan ini dengan Sarasehan Divisi Manajemen Bencana Pkmk Fk Ugm. pada kesempatan ini dibahas tentang kaleidoskop 2016 dan outlook 2017. Webinar series pertama pada 2017 ini adalah Arah Kebijakan Penanggulangan Bencana Sektor Kesehatan: Penguatan Fasilitas Kesehatan. Bencana merupakan salah satu determinan dalam sektor kesehatan dan dapat menimbulkan dampak kerugian bagi sektor kesehatan. Sektor kesehatan harus mampu dalam menangani berbagai krisis kesehatan dan bencana yang terjadi. fasilitas kesehatan merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan dalam penanganan kejadian bencana dan krisis kesehatan tersebut. Webinar pertama ini diharpkan dapat memberikan pandangan tentang arah kebijakan penanggulangan bencana sektor kesehatan, khususnya terkait penguatan fasilitas kesehatan.

Link terkait:

MARET

Melalui rangkaian kegiatan Annual Scientific Meeting Fakultas Kedokteran UGM tahun 2017 yang bertemakan “Pencegahan dan Pengendalian Resistensi Antimikroba”, maka Pokja Bencana FK UGM bekerjasama dengan Divisi Manajemen Bencana PKMK FK UGM telah menyelenggarakan seminar yang berjudul “Penggunaan Logistik Medik Pada Bencana: Studi Kasus Tetanus pada Gempa Yogyakarta untuk Pencegahan Tetanus pada Gempa Pidie Jaya 2016”. Webinar series bulan Maret selanjutnya mengangkat tema yang sama sebagai wadah dalam merefleksikan hasil yang diperoleh dari seminar ASM tersebut.

Link terkait:

APRIL

Divisi Manajemen Bencana PKMK UGM juga berpartisipasi di dalam World Association for Disaster and Emergency Medicine (WADEM) pada tahun ini mengadakan kongres ke-20 nya pada tentang “Disaster And Emergency Medicine” 25-28 April 2017 di Toronto, Kanada. Kegiatan yang diselenggarakan berupa presentasi abstrak, aktivitas selain abstrak, workshop penelitian kebencanaan, dan lain-lain. Terdapat lebih dari 50 negara yang berpartisipasi, Divisi mengirimkan penelitinya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Link Terkait

MEI

Pusat Krisis Kesehatan, Kemenkes RI bekerjasama dengan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK UGM melakukan penelitian untuk mengukur kesiapsiagaan fasilitas kesehatan dalam menghadapi arus  mudik 2017 yang diselenggarakan di beberapa tempat di pulau Jawa dan Sumatera. Untuk itu, perlu dilakukan pelatihan kepada surveyor mengenai penggunaan pedoman wawancara dan kuisioner penelitian. Selain itu, Bencana Kesehatan juga melakukan Webinar series Divisi Manajemen Bencana PKMK bulan ini mengangkat tema “disaster nursing”.

Link terkait:

JUNI

INPRES No. 4 Tahun 2013 memunculkan kewajiban Kabupaten/ Kota membentuk PSC serta kemunculan Permenkes No. 19 Tahun 2016 tentang SPGDT memunculkan gairah kita untuk dapat bersama-sama mendiskusikan, bertukar pengalaman dan keilmuan untuk mewujudkan pelaksanaan yang sesuai dengan harapan, salah satunya dengan menyiapkan EMT. Menariknya, kerangka kerja EMT di Indonesia juga sudah diinisiasi oleh Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes dan pihak terkait pada November 2016 lalu. oleh karena itu, Divisi Manajemen Bencana PKMK menyelenggarakan webinar series tentang “Emergency Medical Team”.

Link Terkait :

 

JULI

Bencana dapat disebabkan oleh natural hazard maupun man made hazard. Indonesia sebagai salah satu negara yang rentan terhadap kejadian bencana lebih didominasi oleh kejadian bencana akibat natural hazard. Menjawab permasalahan yang kompleks tersebut, Divisi Manajemen Bencana PKMK bulan ini menyajikan berbagai informasi baik dalam bentuk webinar yang diselenggarakan internal, eksternal dan publikasi terkait hal tersebut yaitu :

Link Terkait:

 

AGUSTUS

Ragam jenis kejadian bencana yang disebabkan oleh natural hazard di Indonesia mendorong Divisi Manajemen Bencana PKMK untuk menyelenggaran berbagai webinar khusus membahas setiap kejadian bencana. terdapat banyak kejadian penting menandai sejarah kejadian bencana di Indonesia seperti tsunami Aceh, Gempa Yogayakarta pada 2006 lalu, Gempa padang, dan lain-lain.

Link Terkait:

 

SEPTEMBER

Bulan ini Bencana Kesehatan melaksanakan Bimbingan Teknis dan Webinar. Bimbingan teknis merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Divisi Manajemen Bencana selain dari webinar. Bimbingan teknis ini ditujukan kepada para praktisi rumah sakit. Selain itu, kegiatan rutin lain yang dilaksanakan Divisi Manajemen Bencana PKMK adalah webinar. Webinar series kali ini mengangkat tema “Melawan Lupa Gempa dan Merapi Yogyakarta”.

Link terkait:

OKTOBER

Divisi Manajemen Bencana PKMK juga menyelenggarakan workshop Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana dan Krisis Kesehatan untuk Dinas Kesehatan. Hal ini menngingat pentingnya peran Dinas Kesehatan dalam penanggulangan kejadian bencana. kegiatan lainnya yang dilakukan adalah terkait dengan pameran ilmiah manajemen bencana rutin setiap tahunnya. Selain itu, melaksanakan webinar series terkait kejadian yang paling sering di Indonesia pada musim penghujan yaitu banjir.

Link terkait:

NOVEMBER

Divisi Manajemen bencana menyusun kaleidoskop bencana di Indonesia 2017,melaksanakan Bimbingan Teknis Puskesmas Disaster Plan. Bimtek ini ditujukan untuk seluruh puskesmas agar siap dalam menghadapi situasi bencana, gawatdarurat, dan krisis kesehatan di daerahnya. Selain itu, Webinar series kali ini juga mengangkat tema laporan kegiatan sektor kesehatan di Gunung Agung.

Link terkait:

DESEMBER

kejadian lain di Indonesia yang berada di luar prediksi adalah adanya siklon cempaka dan dahlia. Dampaknya terutama di Yogyakarta besar. Berbagai titik banjir, banjir bandang hingga tanah longsor terjadi. Hal ini menjadi evaluasi terhadap rencana penanggulangan bencana di Yogyakarta, siklon kemudian ditambahkan sebagai resiko bencana. berbagai forum diskusi juga terselenggara dalam rangka membahas situasi yang terjadi.

Link terkait: