logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • agenda2018
  • hdp

TOT Perencanaan Mitigasi Bencana

TOT Perencanaan Mitigasi Bencana dilaksanakan pada tanggal 16 – 26 Oktober 2011, dibuka oleh Kepala Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM yang didampingi Kepala LPPM UGM dan Kapusbindiklatren BAPPENAS.



Pembelajaran dalam kegiatan ini menggunakan metode yang bervariasi dan yang utama para peserta diberi teknik menggunakan table top, dengan harapan peserta tidak hanya diberi materi tetapi juga mengetahui lebih mendalam mengenai materi yang disampaikan dan bisa lebih aplikatif. ToT ini melibatkan narasumber dan instruktur yang memang kompeten di bidangnya masing- masing. Salah satunya adalah dari Tim PMPK FK UGM. Tim PMPK FK UGM dengan PSBA pernah bekerjasama untuk kegiatan lain. Pada kegiatan ini, Tim PMPK terlibat menjadi Narasumber pada Modul 4 yaitu mengenai Manajemen Kedaruratan Dasar. Narasumber yang terlibat adalah:

1.    Dr. Hendro Wartatmo, Sp.BKD

Materi: Bantuan Kemanusiaan dan Manajemen Logistik

Pada sesi ini, disampaikan materi dengan judul "Bantuan Kemanusiaan dan Manajemen Logistik". Beliau menjelaskan tentang pengertian dari kemanusiaan dalam konteks bencana, pengungsi dan relawan. Selain itu, dijelaskan tentang bencana logistik yang pernah terjadi di beberapa kejadian bencana, permasalahan dalam bidang logistik, khususnya logistik medik untuk keadaan emergensi (kegawatdaruratan) serta faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan logistik medis. Mekanisme logistik juga di uraikan pada sesi ini baik dari segi pemilihan/seleksi logistik medik, penyimpanan, distribusi dan penyaluran, penggunaan logistik, serta SDM dan sarana-prasarana yang dibutuhkan.

alt

2.    Dr. Handoyo Pramusinto

Materi: Penanganan Penderita Gawat Darurat

Dr. Handoyo Pramusinto pada sesi ini memberikan materi dengan judul Penanganan Penderita Gawat Darurat. Diawal sesi, beliau memaparkan tentang pengertian dari bencana menurut UU RI No.24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dan menurut WHO serta memberikan contoh kejadian yang disebut dengan bencana. Kemudian dijelaskan pula mengenai respon kegawatdaruratan Medis yang meliputi fase pre-hospital dan fase hospital. Pada fase-fase tersebut dijelaskan juga mengenai tahap-tahap yang dilakukan untuk penanganan korban bencana baik dari tahap triase, terapi sampai transfer korban.

alt

3.    Dr. Bella Donna, M.Kes

Materi: Promosi Kesehatan dan Surveilans Bencana

Sesi mengenai Promosi Kesehatan dan Surveilans Bencana disampaikan oleh dr. Bella Donna, M.Kes. Pada sesi ini, dijelaskan dua materi secara langsung, yaitu aspek promosi kesehatan pada masa bencana serta surveilans yang dilakukan pada masa bencana. Pemaparan diawali dengan penjelasan mengenai peran dari promosi kesehatan pada manajemen bencana dan pada berbagai tahap bencana, strategi dan media promosi kesehatan, serta siklus promosi kesehatan menurut Dignan and Carr (1992). Kemudian, pada sesi surveilans dijelaskan mengenai peran surveilans pada kejadian bencana serta surveilans respon dalam manajemen bencana dan penanganan bencana. Dijelaskan bahwa peran surveilans respon pada penanganan bencana meliputi penilaian cepat, penilaian lanjutan, respon segera dan respon terencana.

alt

Selain itu juga, dilakukan Diskusi mengenai Emergency Response bersama Kepala PSBA UGM

alt

Galeri Foto

{gallery}tot_y{/gallery}

TOT ini ditutup pada hari kesepuluh, Kamis, 27 Oktober 2011. Acara ditutup secara resmi oleh Wakil Pusbindiklatren, Wakil PSBA UGM, Kepala Geoinfo UGM.