logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • g agung
  • workshop hdp
  • agenda puskesmas

Madelina Ariani

Asisten Peneliti Divis Bencana Kesehatan PKMK FK UGMMadelina, begitu panggilan kesehariannya. Lahir pada tanggal 20 November 1990 di Banjarmasin. Lulus Sarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat tahun 2012. Enam  bulan kemudian langsung memutuskan untuk melanjutkan sekolah kembali di minat yang sama dengan S1 nya, Minat Kebijakan Manajemen Pelayanan Kesehatan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UGM, dan kini masih dalam proses menyelesaikan masternya.

Telah mengenal mengenai bencana sejak mendapat mata kuliah Kesehatan Lingkungan Pasca Bencana sewaktu S1nya, kemudian terus aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat dipinggiran sungai kota Banjarmasin untuk menggalakkan kelestraian lingkungan, pencegahan banjir, dan upaya peningkatan status kesehatan. Terus berlanjut mendalami materi manajemen bencana sektor kesehatan baik selama kuliah S2 maupun dari  seminar yang diikuti. Sejak awal 2013 menjadi asisten peneliti/ konsultan di Divisi Manajemen Bencana PKMK FK UGM.

Selain mengurusi konten website bencana kesehatan bersama para konsultan, melaksanakan tugas hariannya, Madelina juga kerap dilibatkan dalam pelatihan, seminar, penelitian, dan pelaksanaan kuliah manajemen bencana. Oktober 2013 menyelesaikan pelatihan internasional (ITCDRR) mengenai Koordinasi Penanggulangan Bencana  oleh PPKK Kemenkes, Juni 2014 juga menyelesaikan pelatihan internasional mengenai manajemen bencana yang diselenggarakan atas kerjasama University of Hawaii dan UGM, dan kegiatan kebencanaan lainnya.