logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • agenda2018
  • hdp

Pembukaan Pameran Ilmiah

Pengalaman FK UGM dalam Berbagai Bencana dan
Kurikulum Bencana di Pendidikan Kedokteran S1 dan S2 UGM

 Lobby auditorium FK UGM,
10-13 Desember 2012


Pemotongan-Pita-Secara-SimbolisPokja Bencana FK UGM bekerjasama dengan Pusat Manajemen Pelayanan Kesehatan (PMPK) FK UGM, Divisi Manajemen Bencana mempersembahkan sebuah Pameran Ilmiah dalam rangka mendukung Pelaksanaan Blok 4.2 (Health System and Disaster Manajement), Program S1 Pendidikan Kedokteran. Pameran dengan tema “Pengalaman FK UGM Dalam Berbagai Bencana dan Kurikulum Bencana Di Pendidikan Kedokteran Program S1 Dan S2 UGM” merupakan bentuk penyebaran pengetahuan dan gambaran kepada peserta, khususnya mahasiswa FK UGM mengenai pengalaman dalam penanganan bencana yang telah dilakukan, agar bisa memberikan bentuk inovasi dalam penanggulangan bencana ke masa depan. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 10–13 Desember 2012 di Lobby Auditorium FK UGM. Pameran yang dilaksanakan kali ini adalah Pameran Ilmiah kedua, dan akan menjadi program kerja rutin yang akan dilaksanakan setiap tahun.

Pengalaman yang ditampilkan dalam pelaksanaan kali ini adalah mengenai penanggulangan bencana dari beberapa kejadian bencana yang terjadi di Indonesia, seperti kejadian Tsunami Aceh, Gempa Padang, serta Bencana Letusan Gunung Merapi di Yogyakarta. Bencana-bencana tersebut menyebabkan kerugian baik material maupun korban jiwa. Dari beberapa kejadian bencana yang telah terjadi, melibatkan Tim yang Expert dan berkompeten dari FK UGM dan RS Sardjito dalam upaya penanganan bencana yang terjadi, dan menjadikan sebagai dasar lesson learned dalam proses pembelajaran untuk Manajemen Bencana di Perguruan Tinggi, khususnya untuk Mahasiswa FK UGM dengan harapan mahasiswa FK UGM bisa melihat aspek manajemen bencana dari Tim yang mengikuti kegiatan penanganan bencana tersebut.

Topik pameran dari stand Pokja Bencana FK UGM, ada 6 topik besar yaitu, mengenai kerangka konsep manajemen bencana, fase bencana yang diikuti oleh Tim dari RS Sardjito dan FK UGM dalam kegiatan penanggulangan bencana yang pernah terjadi di Indonesia, yaitu 1) fase respon (kegiatan yang diikuti oleh Tim Sardjito dan FK UGM pada Bencana Gempa Padang dan Letusan Gunung Merapi melakukan medical dan management support); 2) fase recovery (Tsunami Aceh dengan melakukan perencanaan dan penguatan system manajemen rumahsakit serta melakukan pelatihan-pelatihan seperti General Emergency Life Support (GELS), Pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Persiapan Pelayanan Psikologis, Pelatihan MTBS); 3) Fase Preparedness, kegiatan pelatihan dan workshop mengenai penanggulangan bencana di rumah sakit dan daerah, kurikulum bencana yang ada pada Program S1 dan S2 UGM serta penelitian dari tim Pokja FK UGM yang pernh dipresentasikan pada forum internasional.

Kegiatan pameran ini juga akan di ikuti oleh beberapa LSM yang aktif dalam kegiatan penanggulangan bencana, seperti: Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC), Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Yogyakarta dan Komunitas Merapi.

Sambutan-Prof-Adi-Utarini--dan-dr-hendroPembukaan acara pameran dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 10 Desember 2012, Pukul 10.00 – 10.30 WIB yang diisi oleh Pidato Sambutan oleh dr. Hendro Wartatmo, SpB.KBD, selaku Konsultan Senior Divisi Manajemen Bencana PMPK FK UGM dan Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D, selaku Wakil Dekan Bidang, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerja Sama.

Dalam pidato sambutannya, dr. Hendro Wartatmo, SpB.KBD menyampaikan bahwa pameran yang dilaksanakan kali ini untuk mempublikasikan apa yang sudah kami lakukan selama ini dalam pengelolaan bencana yang terjadi di Indonesia. UGM merupakan satu-satunya yang merintis kegiatan semacam ini atau bisa dikatakan sebagai pemula sebagai Uiniversitas yang peduli kepada bencana dan memiliki dan mengembangkan kurikulum dalam kebencanaan. Kegiatan pertama yang kita lakukan sejak gempa dan tsunami tahun 2004, berlanjut gempa tahun 2006 hingga saat ini. Dulu kami sebagai Divisi Bencana PMPK F UGM dan sekarang telah berubah menjadi Pokja Bencana FK UGM sehingga kegiatannya pun menjadi lebih luas.

Sambutan sekaligus pembukaan acara pameran secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerja Sama Wakil Dekan Bidang Prof. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa bentuk dukungan FK UGM dalam manajemen bencana adalah salah satunya dengan mengembangkan kurikulum kebencanaan pada beberapa Prodi seperti Kedokteran Umum, keperawatan, dan gizi. Hal ini ditujukan dalam upaya mengajarkan kewaspadaan kepada mahasiswa dan antisipasi kejadian bencana.

Acara pembukaan pameran secara simbolis dengan pemotongan rangkaian bunga di depan pintu masuk Pameran Pokja Bencana FK UGM yang didamping oleh tim Pokja Bencana dan perwakilan dari tim PMI, Komunitas Merapi dan MDMC.


Galeri Kegiatan

{gallery}pameran12{/gallery}