logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • agenda2018
  • hdp

Pameran Ilmiah Kebencanaan di Indonesia
Dalam Rangkaian Annual Scientific Meeting 2013

Oleh Pokja Bencana Fakultas Kedokteran UGM

Yogyakarta-PKMK. Telah berlangsung (2/3/2013) pameran ilmiah kebencanaan di Indonesia yang diselenggararkan oleh Kelompok Kerja Bencana Fakultas Kedokteran UGM. Pameran dimulai sejak pukul 08.00 WIB di Lobby Auditorium FK UGM. Pameran kebencanaan ini merupakan rangkaian kegiatan pembukaan Annual Scientific Meeting (ASM) 2013 FK UGM.

gb1

Pada kesempatan kali ini, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, H.E.Dr. Nafsiah Mboy menyempatkan diri mengunjungi pameran setelah membuka acara Annual Scientific Meeting (ASM) 2013 FK UGM. Menteri kesehatan membubuhkan tanda tangan di partisi bencana Banjir Jakarta. Didampingi oleh dr. Bella Donna dari pokja Bencana, Menteri Kesehatan bertanya mengenai kegiatan yang dilakukan pokja bencana.

gb2

Pameran ilmiah bertujuan menampilkan kegiatan penanggulangan bencana di Indonesia yang pernah dilakukan tim pokja serta peta kurikulum bencana di FK UGM. Ada enam kegiatan penanggulangan bencana yang terekam mulai dari tsunami Aceh tahun 2004, gempa Yogyakarta tahun 2006, tsunami Pangandaran tahun 2006, gempa bumi Padang tahun 2009, letusan Gunung Merapi tahun 2010, hingga banjjir Jakarta awal tahun 2013.

gb3

Komitmen pokja bencana tidak diragukan lagi keterlibatannya dalam penanggulangan bencana di Indonesia, misalnya bencana tsunami Aceh dimana tim terlibat hingga 4 tahun. Selama 2004 hingga 2008, lebih dari 500 orang telah diberangkatkan ke Aceh dengan berbagai macam profesi kesehatan yang ada di FK UGM. Tim membantu mulai fase akut, pemulihan, dan pengembangan. Kegiatan yang dilakukan mulai dengan mengirim relawan, melakukan penguatan sistem manajemen RS di Aceh, pengiriman layanan psikologis, pengembangan sistem rujukan dan penanggulangan gawat darurat terpadu dan sistem manajemen mutu RS.

gb4

Begitu juga dengan komitmen FK UGM sebagai satu-satunya universitas yang vioner dalam penanggulangan bencana di Indonesia. Salah satu buktinya dengan mengembangkan kurikulum bencana pada Program Studi Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat minat Kebijakan Manajemen Pelayanan kesehatan, Program Studi Kedokteran Umum, Program Studi Ilmu Keperawatan, dan terlibat dalam kurikulum Sekolah Pascasarjana minat Magister Manejemen Bencana.
Nanti malam, akan ada kegiatan Temu Almuni FK UGM. Pokja bencana terlibat kembali dengan menggelar pameran ilmiah kebencanaan di Joglo Alumni FK UGM.