logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • g agung
  • workshop hdp
  • agenda puskesmas

Navigasi : Sesi I || Sesi II

Pengaruh “Perubahan Iklim (Climate Change)”
pada Manajemen Bencana dan Dampaknya di Sektor Kesehatan
dengan Kasus Penanggulangan Bencana Banjir Jakarta

Yogyakarta-PKMK. Telah dilaksanakan seminar Pengaruh “Perubahan Iklim (Climate Change)” pada Manajemen Bencana dan Dampaknya di Sektor Kesehatan dengan Kasus Penanggulangan Bencana Banjir Jakarta pada Rabu, 6 Maret 2013 bertempat di Gedung Program Pasca Sarjana FK UGM lantai 2.

gb1-asm

Seminar ini dihadiri lebih dari 60 peserta seminar dari berbagai profesi, instansi, dan universitas, dan dimulai pukul 08.30 WIB. Seminar ini diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Bencana FK UGM yang merupakan rangkaian acara Annual Scientific Meeting FK UGM 2013.

gb2-asmHidup di negara katulistwa dengan segala keindahannya merupakan berkah tersendiri bagi Indonesia. Namun, hal ini membuat warga negara ini akrab dengan bencana alam yang terjadi. Tanah longsor, letusan gunung api, banjir, gempa bumi, tsunami, dan sebagainya seringkali hadir di Indonesia. Akhir-akhir ini, para ahli juga mendeteksi pengaruh Climate Change yang menimbulkan potensi bencana di indonesa. Salah satu yang masih segar di ingatan ialah banjir Jakarta.

gb3-asmSeminar dibuka oleh ketua pokja bencana Dr. Handoyo Pramusinto, Sp.BS (K). Ketua Pokja Bencana mengucapkan terimakasih atas kedatangan pembicara dari Umea University Sweden dan peserta dari berbagai profesi kesehatan dan non kesehatan, berbagai instansi dan rumah sakit di Yogyakarta, dan dari Universitas Brawijaya. Dalam sambutannya, beliau berharap peserta dapat mengambil pelajaran dengan diskusi yang dilakukan pada hari ini.
Acara berlanjut dengan pemutaran video dokumenter bencana-bencana yang pernah terjadi di Indonesia, yang juga merupakan rekaman keterlibatan Pokja Bencana dalam kegiatan penanggulangan bencana di Indonesia.

Untuk melanjutkan membaca sesi selanjutnya silahkan klik tombol sesi : sesi1 sesi2

Rekaman Video Pembukaan