logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • agenda2018
  • hdp

Pacific Angel 13-2

pengantarPacific Angel adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Militer Amerika Serikat setiap tahunnya di beberapa negara di wilayah Asia Pacific. Tujuan kegiatan ini untuk mendekatkan militer kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan sosial. Kegiatan sosial yang dilakukan adalah:

  1. Layanan pengobatan gratis meliputi pemeriksaan mata dan pembagian kaca mata gratis, pemeriksaan umum, fisioterapi, dan pemeriksaan gigi
  2. Penyuluhan kesehatan meliputi penyuluhan HIVAIDS, TBC, Hipertensi, Gaya Hidup Sehat, dan Perawatan Gigi
  3. Perbaikan fasilitas umum pasca bencana di TK Bleber Sumberharjo, Puskesmas, dan kunjungan ke rumah yatim piatu
  4. Pelatihan aeromedical evacuation

Tahun 2013, Indonesia mendapat giliran kedua setelah sebelumnya, Pacific Angel dilaksanakan di Filifina. Pacific Angle di Yogyakarta ini adalah kali ketiga yang diadakan di Indonesia, pada tahun-tahun sebelumnya kegitaan Pacific Angel dilaksanakan di Pekanbaru dan Kupang.

Sesuai dengan tema Pacific Angel tahun ini Humanitarian Assisstance and Disaster Relief (HADR) maka militer Amerika dan TNI juga bekerjasama dengan tiga universitas (Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiah Yogyakarta, dan Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta), tiga rumah sakit (Rumah sakit Akademik FK UGM, rumah sakit Sardjito, rumah sakit PKU Muhammadyah) , dan NGO (MDMC dan Yakkum).

Kegiatan Pacific Angel dilaksanakan di Desa Madurejo Kecamatan Prambanan Yogyakarta dan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara Harjolukito selama sepekan sejak Senin 22 April 2013 hingga Senin 29 April 2013.

Berikut reportase kegiatan selengkapnya:

1. Kegiatan Pelayanan Kesehatan di Desa Madurejo

2. Perbaikan Fasilitas Umum Pasca Bencana

3. Latihan Pengungsian Medik Udara (aeromedical evacuation)

4. Penutupan Kegiatan Pacific Angel

5. Interviews with Lead Medical Planner US : Dr. Brett Chung

6. Wawancara dengan Lead Medical Planner TNI : Mayor Agung Riyadi

7. Wawancara dengan Kepala Desa Madurejo : H. Mindoyo, SE