logo

ugm-logo

Agenda Mendatang

  • agenda2018
  • hdp

Reportase Kunjungan University of Hawaii

Reportase Kunjungan University of Hawaii

Pre-simposium Indonesia Disaster Risk Reduction: University of Hawaii Kunjungi FK UGM

 
kunjungan1

Kedatangan dekan University of Hawaii disambut oleh Dekanat Fakultas Kedokteran, bagian kurikulum, Konsultan Pokja Bencana, dan Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK UGM. dr.Endro memulai diskusi dengan dekan UH mengenai kurikulum kebencanaan di FK UGM. dekan UH menyatakan ketertarikannya dan mencoba membicarakan dengan presiden terkait kerjasama yang bisa dilakukan UH dan UGM dalam manajemen kebencanaan.

 
kunjungan2

Diskusi terus berlanjut dengan penyampaian keterlibatan FK UGM dalam penanggulangan bencana di Indonesia oleh dr.Hendro Wartatmo yang merupakan konsultan senior di Pokja Bencana FK UGM.  Disampaikan juga tentang kerjasama FK  dengan kementerian kesehatan, pusat krisis kesehatan, rumah sakit dan masyarakat. Diskusi menghangat dengan pembahasan upaya resilience terhadap masyarakat.

Bagian kurikulum FK menyampaikan tentang keberadaan kurikulum kebencanan di Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi oleh wilayah Jogjakarta yang rentan dengan bencana. Hampir semua bencana bisa terjadi di wilayah Jogjakarta sehingga diperlukan pemahaman dan wawasan kepada mahasiswa tentang manajemen bencana sejak mereka berada di perguruan tinggi. Fakultas kedokteran UGM  berharap bisa bekerjasama lebih dengan Universitas of Hawaii dalam pendidikan manajemen bencana.

Khususnya bagian Gizi FK UGM tertarik sekali untuk melakukan kerja sama terkait gizi obesitas di masyarakat. Masalah obesitas di Amerika juga menjadi pusat perhatian karena terjadi banyak pada anak-anak dan kebanyakan terjadi di daerah miskin. Sedangkan di Indonesia, obesitas tidak saja terjadi pada masyarakat miskin tetapi meningkat kejadiannya pada masyarakat kalangan menengah.

kunjungan3

Diskusi berlanjut dengan melihat pameran kebencanaan oleh Pokja Bencana FK UGM. Poster yang dipamerkan tentang penanggulangan bencana Tsunami dan gempa Aceh 2004, Gempa Bantul di Yogyakarta 2006, dan Gunung Merapi di Yogyakarta 2010.
Kunjungan berakhir dengan penyerahan kenang-kenangan dari FK UGM kepada Dekan University of Hawaii. Dekan Dekan University of Hawaii merasa sangat tertarik dan senang dengan awal kerjasama ini.

kunjungan4