logo

ugm-logo

Webinar Potensi Hazard Tsunami di Selat Sunda

FK - KMK UGM

Senin, 31 Desember 2018   |    10.00 - 12.00 WIB
Ruang Senat Gd. KPTU Lantai 2 FK - KMK UGM

TOR - Materi - Video

PENGANTAR

Aktivitas vulkanik gunung Anak Karakatau dalam sebulan ini dengan puncaknya erupsi serta guguran tanah di dalam laut pada Sabtu (22/12/2018) telah menyebabkan terjadinya tsunami di Banten dan Lampung. Data korban jiwa terus meningkat. Penanganan telah dilakukan oleh kapasitas lokal dibantu tim relawan baik medis maupun non medis yang berdatangan dari banyak daerah di Indonesia. Termasuk dari FK-KMK UGM yang komitmen terlibat dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Diprediksi lebih jauh bahwa aktivitas gunung Anak Krakatau akan terus meningkat, yang memungkinkan gempa dan tsunami lagi bagi daratan sekitarnya. Hal ini membutuhkan kesiapsiagaan dari daerah yang mungkin terdampak lebih luas dari yang sudah terjadi (22 Desember lalu). Namun, tidak semua daerah di Indonesia memiliki kesadaran dan kesiapsiagaan yang baik dalam menghadapi ancaman seperti ini. Tidak hanya itu, pelaku penanggulangan bencana juga perlu mengetahui tentang hazard di Selat Sunda, bagaimana penyelamatan diri, dan sebagainya.

Berdasarkan hal tersebut, FK - KMK UGM merasa perlu untuk melakukan diskusi tentang Hazard Tsunami dan bencana lainnya di Selat Sunda. Harapannya, anggota Pokja Bencana dan civitas akademika di lingkungan FK - KMK mengetahui tentang ancaman ini dan dapat melakukan diskusi lebih jauh terkait kemungkinan dampak dan perencanaan penanggulangan bencana ke depannya di bidang kesehatan.

TUJUAN

  1. Peningkatan pengetahuan Pokja Bencana dan civitas akademika sebagai pelaku penanggulangan bencana bidang kesehatan di Indonesia tentang potensi hazard Tsunami dan bencana lainnya di Selat Sunda.
  2. Sebagai dasar tim Pokja Bencana dan civitas akademika untuk menyusun rencana pendampingan bagi daerah - daerah yang diprediksi akan terdampak.

PESERTA

  1. Tim Pokja Bencana FK - KMK UGM
  2. Dosen dan peneliti bidang kebencanaan
  3. AHS UGM
  4. Mahasiswa TBMM
  5. Jejaring
  6. Pemerhati bencana di Yogyakarta dan luar daerah

JADWAL

Waktu Materi Pembicara
09.30 – 10.00 Registrasi
10.00 – 10.15 Pembukaan

Wakil Dekan Bidang Kerjasama Alumni dan Pengabdian kepada Masyarakat.

dr. Mei Neni Sitaresmi,Sp.A(K).,Ph.D

10.15 – 11.00

Penyampaian Materi

Hazard Tsunami dan Erupsi anak Gunung Krakatau di Selat Sunda

Pembicara.

Dr. Agung Harijoko,ST,M.Eng

Materi    Video

Moderator :

Prof. Laksono Trisnantoro

11.00 – 11.45 Usulan Kegiatan Mitigasi di Lampung

Tim Pokja Bencana FK-KMK UGM

Materi     Video

 

12.00 Penutup

 

agreement, arrangement, document, register, registration, sign, write iconPENDAFTARAN DAN INFORMASI

Pendaftaran dapat dilakuan di website www.bencana-kesehatan.net atau
Informasi lebih lanjut dan untuk mendaftar melalui :
Dewi Catur Wulandari, S.Sos
Mobile: +62 818 263653
Email:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.