logo

ugm-logo

Global Online Consultation for World Humanitarian Summit

Global Online Consultation for World Humanitarian Summit

global-online

Selamat berjumpa kembali Pembaca Website Bencana Kesehatan di minggu ketiga bulan September ini. Kali ini kami menginformasikan mengenai Global Online Consultation yang diselenggarakan oleh World Humanitarian. Dalam konsultasi online ini, mereka mengundang sebanyak-banyaknya pihak untuk turut memberikan konstribusinya baik dalam memberikan ide, pengalaman, maupun komentar tentang proposal besar yang telah mereka buat untuk world humanitarian.

Ada empat topik yang dikonsultasikan secara online (1) Dignity: How can we ensure humanitarian action empowers and reaches all people and delivers equality for women and girls? (2) Safety: What political and humanitarian action is needed to ensure that people are kept safe in crises? (3) Resilience: How can we build people’s resilience to recurrent and protracted crises? (4) Partnership: How can we build partenership to ensure reliable and relevant humanitarian response?

Untuk dapat bergabung pada salah satu topik di atas, Bapak Ibu terlebih dahulu harus melakukan log in pada website berikut  Perlu diingat bahwa batas konsultasi online ini hanya sampai 9 Oktober mendatang. Hasil konsultasi online ini akan dibawa pada Global Consultation Meeting di Geneva 14-16 Oktober 2015. Suarakan pendapat dan saran Bapak dan Ibu untuk implementasi kemanusiaan, inilah saatnya.

 

Modul International Training Consortium Disaster Risk Reduction (ITCDRR)

Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan (PPKK) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Selasa, 22 September 2015 mengadakan uji coba modul pembelajaran ITCDRR bersama dengan para akademisi dan praktisi  di Yogyakarta. Kali ini Divisi Manajemen Bencana Kesehatan, Pusat Kebijakan Manajamen Kesehatan, Fakultas Kedokteran UGM memberikan kesempatan dan fasilitas untuk penyelenggaran kegiatan ini.

Uji coba modul ini bertujuan untuk menyesuaikan materi-materi ITCDRR sebelumnya dengan kondisi dan kebutuhan penanggulangan bencana dan krisis kesehatan saat ini. ITCDRR merupakan kegiatan pelatihan rutin kebencanaan bidang kesehatan yang diselenggarakan secara internasional oleh WHO dan PPKK. Tahun ini ITCDRR telah dilaksanakan di Medan pada pertengahan tahun lalu dan yang kedua akan dilaksanakan di Yogyakarta pada akhir bulan Oktober ini.