logo

ugm-logo

Dampak Gempa Bumi di Banjarnegara dan Peristiwa lainnya

http://www.netralnews.com/foto/2018/04/19/110-tim_penyelemat_melakukan_evakuasi_korban_gempa_bumi_di_banjarnegara.jpgGempa bumi berkekuatan 4,4 SR dengan pusat di darat pada kedalaman 4 km pada jarak 52 km terjadi pada Rabu (18/4/2018) pukul 13.28 WIB terjadi di Banjarnegara Jawa Tengah. Terdapat berbagai dampak baik kerusakan infrastruktur maupun korban jiwa. Tercatat oleh BPBD Banjarnegara korban meninggal 2 orang dan 21 orang luka. Kerusakan 316 rumah yang tersebar di Desa Kasinoman, Desa Kertosari dan Desa Plorengan menambah berat beban warga yang dilanda gempa. Petugas masih melakukan pendataan untuk mendapatkan data akurat terkait dengan berat ringannya kerusakan yang dialami.

Jumlah pengungi mencapai 2.104 jiwa atau 526 KK dan tersebar di 4 desa. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu-isu menyesatkan. Kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah makanan, air bersih, MCK, relawan untuk membantu dalam membersihkan lingkungan maupun kebutuhan lainnya.

SELENGKAPNYA

Pada hari yang sama (18/4/2018) juga terjadi beberapa peristiwa seperti kebakaran dan gempa bumi. Kebakaran terjadi di 2 lokasi yaitu Balikpapan dan Jakarta Timur. Dilaporkan bahwa tidak terdapat korban jiwa maupun pengungsi dalam peristiwa tersebut. Kondisi telah tertangani. Gempa bumi lainnya juga terjadi di 2 kota lain selain Banjarnegara yaitu Seram bagian timur dan Maluku tenggara barat. Keduanya tidak menimbulkan korban jiwa.

SELENGKAPNYA