logo

ugm-logo

26 WNI yang Dievakuasi dari Nepal Tiba di Indonesia

26 WNI yang Dievakuasi dari Nepal Tiba di Indonesia

Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyambut kedatangan 26 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tiba dari Nepal di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Sebagian WNI yang dievakuasi merupakan yang menetap di Nepal

"Pada malam hari ini tim pertama yang berangkat ke sana telah kembali dengan membawa serta 26 warga kita. 20 menetap di sana berserta keluarganya, enam memang ke Nepal melakukan kunjungan," kata Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Abdurrahman Mohammad Fachir di Bandara Halim Perdana Kusumah, Rabu malam, 6 Mei 2015.

Sampai saat ini, pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi 26 WNI dari Nepal, tercatat masih ada enam WNI yang tersisa di Nepal. Lima di antaranya masih dalam keadaan pencarian dan satu orang lagi merupakan dokter yang memilih untuk menetap dan membantu misi kemanusiaan di Nepal

"Jadi lima orang lagi yang sedang kita upayakan melakukan penyelamatan dan penyelamatan dilakukan secara integratif dilakukan oleh tim gabungan baik dari Nepal dan jelas tim dari kita yang terdiri Paskhas dan hiking club," ujar Fachir.

Menurut Fachir, tidak mudah untuk mengevakuasi para WNI di Nepal. Sebab, saat mengevakuasi terdapat beberapa kendala.

"Jadi kendalanya adalah kontur di sana berbeda dengan ‎beberapa kondisi atau lokasi atau situasi lapangan yang mungkin kita punya keahlian, seperti longsor dan sebagainya. Karena itu kita dapat banyak sekali bantuan dari pemerintah setempat dan tim penyelamat setempat," ujarnya.

Seperti diketahui, pada Sabtu 25 April lalu, telah terjadi gempa berkekuatan 7,9 SR yang mengguncang Kathmandu, Nepal.

Tercatat akibat bencana ini ada sekitar ribuan korban meninggal dunia dan korban luka-luka.

sumber: viva news

Tags: Penanggulangan Bencana, Gempa Nepal