logo

ugm-logo

BPBD-TNI Siap Tanggulangi Bencana Alam

http://3.bp.blogspot.com/-cy91EY4jU4g/VRips1-XwKI/AAAAAAAABmc/Vb1eO8MxgQQ/s1600/0000.jpg

WONSOOBO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan anggota TNI Kodim 0707 Wonosobo, Tim SAR, PMI, dan polisi menggelar latihan gabungan evakuasi dan penyelamatan penanggulangan bencana alam di Lapangan Pertamina. Kegiatan ini guna meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana alam, seperti longsor, banjir, angin kencang, sampai bencana kebakaran.

Kepala BPBD Kabupaten Wonosobo Prayitno kepada KRjogja.com, Minggu (14/6), mengatakan dilaksanakannya kegiatan latihan gabungan ini bertujuan agar para personil gabungan nantinya bisa menjadi tim inti selter kabupaten yang siap siaga ketika dibutuhkan sewaktu-waktu untuk melakukan penanggulangan bencana alam.

Setelah pembekalan kali ini, lanjutnya, diharapkan para personil gabungan ini bisa mengetahui apa yang harus dilakukan di saat terjadi bencana alam yang datang tiba-tiba. Termasuk kesiapan masing masing instansi dalam melakukan penanganan terhadap bencana alam, mulai upaya mengantisipasi terjadinya bencana alam, sampai pada penanganan korban bencana alam, serta penanganan terhadap pengungsi.

Menurutnya, Wonosobo merupakan salah satu daerah yang berpotensi terjadinya kerawanan bencana alam, seperti angin besar, tanah longsor, banjir, dan kebakaran. Untuk itu latihan gabungan ini sangat diperlukan dan harus dilakukan sebagai bentuk tahapan yang harus dilaksanakan dalam rangka antisipasi dan kesiapsiagaan baik sarana, maupun kesiapan sumber daya personil. (Art)

sumber: (KRjogja.com)

Tags: Penanggulangan Bencana