logo

ugm-logo

Demokrat Dorong Kemenkes Bangun Rumah Sakit Karantina Bencana

Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf.

JAKARTA -- Fraksi Partai Demokrat akan mendorong Kementerian Kesehatan untuk membangun rumah sakit karantina bencana. Hal itu agar penanganan kesehatan korban bencana dapat diatasi dengan cepat.

"Kami akan mendorong Menkes action plan membuat rumah sakit karantina bencana dalam masalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)," kata Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf.

Dede Menegaskan, Demokrat akan terus membantu pemerintah dalam mengatasi bencana kabut asap yang semakin parah. Bahkan hingga saat ini kabut telah menimpa warga Sumatera dan Kalimantan. Ia mengungkapkan, saat ini demokrat telah mendirikan posko bencana di enam provinsi yang terkena dampak kabut asap.

"Kita telah mengirim 50000 masker dan akan mendorong menkes dalam pembuatan rumah sakit karantina bencana," ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini kabut asap kian menutupi beberapa di beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan akibat kebakaran hutan. Data kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Menurut pantauan satelit dari NASA pada Selasa (1 September), di Sumatera ada 198 titik panas yaitu di Jambi 59, Lampung 3, Sumbar 7, Sumsel 46, Riau 82 dan Sumut 1. Sedangkan di Kalimantan ada 591 titik panas yaitu Kalbar 74, Kalsel 30, Kalteng 313, Kaltim 138 dan Kaltara 36.

Kerugian kejadian kabut asap ini mengakibatkan sekolah diliburkan karena kualitas udara di daerah-daerah tersebut termasuk kategori tidak sehat dan berbahaya bagi masyarakat. Selain itu, kerugian lainnya juga di alami oleh maskapai penerbangan yang gagal terbang maupun mendarat baik penerbangan domestik maupun internasional.

sumber: REPUBLIKA.CO.ID

Tags: Penanggulangan Bencana