logo

Rawan Bencana, Basarnas Siaga di Banten

SERANG - Badan SAR Nasional (Basarnas) meresmikan Kantor Cabang di Provinsi Banten. Kepala Basarnas, Marsda TNI FH Bambang Sulistyo, berharap Basarnas Banten bisa bertindak cepat jika terjadi bencana.

“Sekarang kami sudah miliki Kantor Cabang di Banten, sehingga dapat memudahkan untuk membantu mengevakuasi korban secara cepat,” kata Bambang, di Serang, Banten, Selasa (3/6/2014).

Menurut Bambang, tindakan cepat diperlukan untuk menyelamatkan korban bencana. Sarana dan prasarana Basarnas, kata dia, juga sudah cukup mendukung agar tim di lapangan bisa bergerak cepat.

“Kami memiliki alat yang cukup lengkap, ditambah dengan dukungan SDM Tim Basarnas yang sudah siap menghadapi berbagai medan bencana,” tegasnya.

Meski begitu, Bambang mengaku pihaknya juga akan memberikan pelatihan kepada masyarakat umum tentang upaya penyelamatan korban ketika terjadi bencana, sehingga dapat melakukan penyelamatan lebih cepat.

“Kapanpun sesuai dengan waktu yang dibutuhkan atau tertentu, kami akan memberikan pelatihan untuk memberikan pemahaman dan kemampuan kepada warga tentang penyelamatan korban,” terangnya.

Bambang juga menyatakan, pihaknya akan terus membentuk posko di seluruh titik rawan bencana di Provinsi Banten, termasuk daerah Banten Selatan yang berpotensi terjadinya bencana.

“Kalau kantor di mana saja tidak masalah, meski jauh dari titik bencana. Yang terpenting, di setiap daerah rawan bencana, ada posko kami, dilengkapi sarana dan petugas yang selalu siap setiap saat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bambang menyatakan, Banten merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi rawan bencana di Indonesia. Banten merupakan gerbang ekonomi yang padat penduduk, karena perbatasan Pulau Sumatera dan Jawa.

“Inilah alasan kami untuk membuat kantor Basarnas di Banten. Karena, daerah seperti ini tentu rawan bencana,” ujarnya.

Website Manajemen

mrsmpk
mjkmpkk

Pengembangan website-website manajemen dilandasi dengan logika berfikir bahwa kebijakan yang baik dapat gagal dalam pelaksanaannya karena buruknya manajemen organisasi dan program. Selengkapnya

Website Isu Prioritas

bencanakiadeskes
mutupel dokter-ruralm aids2
Website-website isu prioritas dikembangkan agar berbagai tujuan utama sistem pembangunan kesehatan Indonesia dapat dicapai dengan lebih cepat. Selengkapnya

Website Terkait

altwhodepkesaltaltaltidrccawbibkkbn