logo

ugm-logo

Pre Forum Nasional Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia Ke - 11

Kebijakan Ketahanan Logistik Medis Paska Gelombang Kedua COVID-19

 

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan,
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
Jum’at, 24 September dan 1 Oktober 2021
08.30 – 11.30 WIB

Kerangka Acuan Kegiatan

 

PENGANTAR

Pandemi COVID-19 sudah memasuki fase pertengahan, mayoritas negara termasuk Indonesia sudah mengalami puncak gelombang kedua yang jauh lebih tinggi dibandingkan puncak sebelumnya, staetegi pemerintah baik pusat maupun daerah dalam mengatasi pandemi ini menunjukkan kelemahan sistem kesehatan yang sudah terbangun. Walaupun sudah banyak juga upaya dan sumber daya yang dikerahkan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menjaga ketahanan kesehatan karena pandemi ini. Berbagai kebijakan terkait protokol kesehatan sudah diterbitkan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Ketahanan kesehatan ini akan terwujud jika setiap komunitas peduli dan konsisten menerapkan kebijakan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran pandemi COVID-19.

Ketahanan kesehatan menjadi sangat penting dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang. Merujuk pada Instruksi Presiden Nomor 4/2019, secara umum ketahanan kesehatan dapat digambarkan sebagai kemampuan ketahanan nasional dalam menghadapi kedaruratan kesehatan masyarakat dan/atau bencana non alam akibat wabah penyakit, pandemi global, dan kedaruratan nuklis, biologi, dan kimia yang dapat berdampak nasional dan/atau global. Adanya pandemi COVID-19 menunjukkan bahwa ketahanan kesehatan masih perlu untuk ditingkatkan baik dari segi sistem kesehatan, fasilitas kesehatan maupun ketersediaan tenaga kesehatan. Salah satu aspek yang sering tidak diperhatikan saat pra bencana maupun kedaruratan masyarakat adalah penyediaan dan pengelolaan logistik medis dalam menopang ketahanan kesehatan.

Seminar ini merupakan salah satu rangkaian seminar pada Forum Nasional Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia, dampak ketidaksiapan terhadap pemenuhan dan pengelolaan logistik medis tidak hanya pada panic buying yang berakibat kelangkaan di satu sisi dan overloaded di sisi lain, namun juga hilangnya nyawa masyarakat bahkan tenaga kesehatan. Kondisi ini menjadi dasar diselenggarakan seminar kebijakan pengelolaan logistik medis sebagai penopang ketahanan kesehatan paska gelombang kedua pandemi COVID-19. Pada seminar ini akan dibahas bagaimana kebijakan - kebijakan dalam menjaga ketahanan kesehatan khususnya selama penanganan COVID-19 ataupun situasi bencana dan krisis kesehatan lainnya. Harapannya seminar ini akan menghasilkan pembelajaran dari sekian banyak pengalaman pahit di penanganan gelombang kedua yang telah lalu dan praktik rekomendasi untuk meningkatkan ketahan kesehatan untuk menghadapi gelombang selanjutnya.

 

TUJUAN

Mendiskusikan kebijakan kebijakan pengelolaan logistik medis sebagai penopang ketahanan kesehatan paska gelombang kedua pandemi COVID-19.

 

PROSES KEGIATAN

Kegiatan ini berlangsung satu hari dimana beberapa narasumber akan menyampaikan materi atau bahas diskusi terkait topik kebijakan pengelolaan logistik medis sebagai penopang ketahanan kesehatan paska gelombang kedua pandemi COVID-19. Selanjutnya kan dibahas oleh beberapa ahli kebijakan baik dari sektor pemerintahan dan sektor swasta. Kegiatan seminar diselenggarakan secara virtual.

 

PESERTA KEGIATAN

Seminar ini terbuka untuk umum, diharapkan yang bergabung ialah pemerhati dan peneliti bidang bencana dan krisis kesehatan, epidemiolog, pengelola logistik medis di fasilitas kesehatan, relawan dan filantropis, ketahanan kesehatan, sistem kesehatan indonesia, serta praktisi dan mahasiswa pasca sarjana kesehatan.

 

OUTPUT KEGIATAN

Peserta memahami bagaimana kondisi kebijakan pengelolaan logistik medis sebagai penopang ketahanan kesehatan paska gelombang kedua pandemi COVID-19. Kemudian dari hasil diskusi seminar ada pembelajaran dan praktik rekomendasi yang mendukung peningkatan kebijakan ketahanan kesehatan ke depannya.

 

Waktu Pelaksanaan

Hari/Tanggal   : Jum’at, 24 September dan 1 Oktober 2021
Pukul              : 08.30 – 11.30 WIB
Link Zoom       : Meeting ID: 843 8818 7465          Passcode: PREFORNAS

Rundown Kegiatan

Waktu Kegiatan/Materi Narasumber/Fasilitator
Hari Pertama : Jum’at, 24 September 2021
Moderator : apt.Gde Yulian Yogadhita, M.Epid.
08.00 – 08.10 WIB Pengantar dan Pembukaan  

08.10 – 08.50 WIB

08.50 – 09.30 WIB

Memahami Kebutuhan Logistik Medis Saat Bencana Pandemi

Memahami Kekurangan Pasokan Logistik Medis di RS Vertikal Saat Bencana Pandemi

PKK Kemenkes

Materi

dr. Hendro Wartatmo, SpB.KBD

Materi

 

09.30 – 10.15 WIB

10.15 – 11.00 WIB

Review perencanaan dan permintaan dukungan logistik medis COVID-19 di rumah sakit

Pemaparan singkat hasil review dari perwakilan peserta

Fasilitator :

Tim Divisi Manajemen Bencana Kesehatan PKMK FK - KMK UGM
Hari Kedua : Jumat, 1 Oktober 2021
Moderator : Sutono, S.Kp, M.Sc, M.Kep
08.00 – 08.10 WIB Pengantar  

08.10 – 08.50 WIB

08.50 – 09.30 WIB

Mobilisasi Logistik Medis Berbasis Masyarakat

Logistik dalam ICS Faskes/Dinkes

Sonjo

Materi

apt.Gde Yulian Yogadhita, M.Epid.

Materi

 

09.30 – 10.15 WIB

10.15 – 11.00 WIB

Review perencanaan dan permintaan dukungan logistik medis COVID-19 di masyarakat

Pemaparan singkat hasil review dari perwakilan peserta

 

Fasilitator :

Tim Divisi Manajemen Bencana Kesehatan PKMK FK - KMK UGM