logo

ugm-logo

Penanganan Respons Kesehatan Gempa Bumi Cianjur

 

H1

Respon Awal

Senin, 21 November 2022

Respons Awal Kejadian Gempa Bumi

Mobile phone tidak henti bergetar pada siang hari menjelang pukul 2 siang, Senin 21 November 2022. Ternyata tampilan layar HP sudah dipenuhi oleh notifikasi pesan WhatsApp dari grup-grup klaster kesehatan daerah dan nasional, grup penanggulangan bencana, dan grup AHS UGM, dan grup lainnya. Semua grup sedang menginformasikan mengenai gempa bumi yang baru saja terjadi di Kabupaten Cianjur.

Gempa bumi ini dikabarkan berskala 5,6 Magnitude dan tidak berpotensi tsunami. Meski demikian dampak gempa ini cukup berdampak besar pada aspek kependudukan, korban jiwa dan luka, masyarakat terdampak, aspek lingkungan dan aspek lainnya. Perbaharuan data korban meninggal, luka, dan pengungsian terus dilakukan.

Konsultan Divisi Manajemen Bencana Kesehatan PKMK FK-KMK UGM; dr. Bella Donna, Apt. Gde Yulian dan Madelina Ariani telah bergabung sebelumnya dalam tim ahli mengenai Tenaga Cadangan Kesehatan yang dibentuk oleh Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan sehingga dapat terlibat dalam Vicon Update Penanganan Gempa Cianjur pukul 18.00 WIB dan 20.45 WIB.

Di samping itu, berbagai informasi didapat juga dari laporan relawan kesehatan dan EMT yang berada disekitaran Kabupaten Cianjur seperti Bandung dan Jakarta seperti foto situasi rumah sakit, puskesmas, dan pemukiman yang terdampak gempa bumi. Siang itu juga, FK-KMK UGM berkoordinasi dengan Alumni FK-KMK UGM dan KAGAMA mengenai situasi di lapangan. Dikabarkan bahwa tim Pusat Krisis Kesehatan mempersiapkan keberangkatan dan logistik medis ke Kabupaten Cianjur melalui jalur Karawang.

Reportase oleh Madelina Ariani

Editing oleh Happy R Pangaribuan dan Wiwid