logo

ugm-logo

Kerangka Acuan Kegiatan

Sub Seminar dalam Fornas JKKI

Kebijakan Ketahanan Kesehatan dalam

Menghadapi Bencana Pandemi COVID-19

Jumat, 20 November 2020


diselenggarakan oleh:
Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK),
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada


 

PENGANTAR

Bencana pandemi COVID-19 merupakan hal yang baru yang dihadapi berbagai negara. Kelemahan negara mengatasi pandemi ini menunjukkan kelemahan sistem kesehatan yang sudah terbangun. Terlihat setelah memasuki bulan ke-8, belum ada tanda - tanda penurunan kasus di Indonesia secara khusus. Sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menjaga ketahanan kesehatan karena pandemi ini. Berbagai kebijakan terkait protokol kesehatan sudah dikeluarkan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Ketahanan kesehatan ini akan terwujud jika setiap komunitas peduli dan konsisten menerapkan kebijakan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran pandemi COVID-19.

Ketahanan kesehatan menjadi sangat penting dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang. Merujuk pada Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2019, secara umum ketahanan kesehatan dapat digambarkan sebagai kemampuan ketahanan nasional dalam menghadapi kedaruratan kesehatan masyarakat dan/atau bencana non alam akibat wabah penyakit, pandemi global, dan kedaruratan nuklis, biologi, dan kimia yang dapat berdampak nasional dan/atau global. Adanya pandemi COVID-19 menunjukkan bahwa ketahanan kesehatan masih perlu untuk ditingkatkan baik dari segi sistem kesehatan, fasilitas kesehatan maupun ketersediaan tenaga kesehatan. Jika dibiarkan, negara akan kewalahan, semakin banyak kasus sementara fasilitas kesehatan sudah penuh dan tingginya angka kematian tenaga kesehatan karena terpapar virus COVID-19.

Seminar ini merupakan salah satu rangkaian seminar pada Forum Nasional Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia X (Fornas JKKI 2020). Keprihatinan terhadap ketahanan kesehatan dengan adanya pandemi COVID-19 menjadi dasar diselenggarakan seminar kebijakan ketahanan kesehatan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Pada seminar ini akan dibahas bagaimana kebijakan - kebijakan dalam menjaga ketahanan kesehatan khususnya selama penanganan COVID-19 ataupun situasi bencana dan krisis kesehatan lainnya. Harapannya seminar ini akan menghasilkan satu pembelajaran dan praktik rekomendasi untuk meningkatkan ketahan kesehatan kedepannya

TUJUAN

Tujuan seminar ini adalah untuk mendiskusikan kebijakan ketahanan kesehatan dalam menghadapi bencana pandemic COVID-19, bencana dan krisis kesehatan.

 

PROSES KEGIATAN

Kegiatan ini berlangsung dalam satu hari dimana beberapa narasumber akan menyampaikan materi atau bahas diskusi terkait topik ketahanan kesehatan dalam menghadapi bencana pandemi COVID-19. Selanjutnya kan dibahas oleh beberapa ahli kebijakan baik dari sektor pemerintahan dan sektor swasta. Kegiatan seminar juga diwadahi melalui virtual.

PESERTA KEGIATAN

Seminar ini terbuka untuk umum.

Diharapkan pemerhati dan peneliti bidang bencana dan krisis kesehatan, epidemiolog, global health security, ketahanan kesehatan, sistem kesehatan indonesia, serta praktisi dan mahasiswa pascasarjana kesehatan dapat terlibat dalam kegiatan ini.

OUTPUT KEGIATAN

Peserta memahami bagaimana kondisi ketahanan kesehatan dalam menghadapi bencana, krisis kesehatan dan pandemi COVID-19 sekarang ini. Kemudian dari hasil diskusi seminar ada pembelajaran dan praktik rekomendasi yang mendukung perningkatan kebijakan ketahanan kesehatan kedepannya.

Jadwal dan Rundown Seminar

Hari, tanggal              : Jumat, 20 November 2020
Pukul                        : 10.00 – 12.00 WIB

Rundown Seminar

Jumat, 20 November 2020
Waktu Materi/Kegiatan Narasumber/Moderator
09.00 – 09.05 Pembukaan  

09.05 – 09.15

09.15 – 09.25

09.25 – 09.40

Penelitian Ketahanan Kesehatan di Indonesia

Penelitian Dokumentasi Sistem Layanan Kesehatan pada Masa Covid-19

Kebijakan Ketahanan dalam Menghadapi Bencana Pandemi COVID-19

  1. Madelina Ariani, SKM., MPH – Peneliti PKMK FK-KMK UGM
  2. Putu Eka Andayani, SKM., M.Kes – Peneliti/Konsultan PKMK FK-KMK UGM
  3. Pretty Multihartina, PhD - Kepala Pusat Analisis Determinan Kesehatan, Kementerian Kesehatan

09.40 – 09.50

09.50 – 10.00

10.00 – 10.10

10.10 – 10.20

Pembahasan
  1. Kementerian Kesehatan
  2. Pungkas Bahjuri Ali, STP, MS, PhD – Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat, Kementerian PPN/Bappenas
  3. Pandu Harimurti – Senior Health Specialist World Bank, Indonesia
  4. Kesehatan Provinsi DIY
10.20 – 10.50 Diskusi

Moderator : Dr. Bella Donna, M.Kes

Konsultan Manajemen Bencana Kesehatan, PKMK FK-KMK UGM

10.50 – 11.00 Penutupan