logo2

ugm-logo

Reportase

Finalisasi Pendampingan Penyusunan “Dinkes Disaster Plan” Kabupaten Magelang


Selasa, 8 Oktober 2024

PKMK-Magelang. Konsultan dan peneliti divisi Manajemen Bencana Kesehatan PKMK FK-KMK UGM kembali melakukan finalisasi pendampingan penyusunan dokumen Dinas Kesehatan Disaster Plan milik Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang. Kegiatan ini merupakan penutup dari rangkaian kegiatan pendampingan penyusunan dokumen yang telah berjalan sejak awal 2024. Kali ini, kegiatan finalisasi dilaksanakan di Hotel Grand Armada Town Square (Artos) pada Selasa, 8 Oktober 2024.

DDP magelang 9 1

Dok. Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang

Kegiatan diawali dengan menilik kembali dokumen yang telah disusun oleh tim penyusun Dinkes Disaster Plan yang terdiri dari jajaran masing-masing bidang di dinas kesehatan dan lintas sektor, termasuk LSM. Kegiatan pertama dipimpin oleh dr. Alif Indiralarasati. Dalam sesi ini disampaikan komponen-komponen yang perlu diperbaiki dan dilengkapi kembali. Selanjutnya, tim penyusun yang hadir dibagi menjadi empat kelompok untuk menyelesaikan komponen-komponen yang mendapatkan masukan dari hasil ulasan para konsultan.

DDP magelang 9 2

Dok. PKMK FK-KMK UGM

Untuk membantu proses perbaikan, tim penyusun mendapatkan penjelasan singkat dan fasilitasi langsung dari para konsultan. Apt. Gde Yulian Yogadhita, M.Epid memberikan penjelasan mengenai kapasitas maksimum, dasar perhitungan yang dipergunakan, dan sekaligus memfasilitasi kelompok dalam menyelesaikan perhitungan komponen ini. Konsultan PKMK lainnya yang turut hadir secara daring, dr. Bella Donna, M.Kes, memberikan masukan dan koreksi mengenai struktur organisasi klaster kesehatan dan HEOC sekaligus memfasilitasi proses perbaikan struktur sesuai Permenkes Nomor 75 Tahun 2019. Kemudian, Happy R. Pangaribuan, SKM., MPH membantu proses perbaikan tupoksi sesuai struktur yang telah diperbaharui.

Di akhir sesi, dipimpin oleh Happy, dilakukan pembahasan mendetil dari SOP yang telah disusun. Namun, karena keterbatasan waktu, belum seluruh SOP dapat diulas. Namun, beberapa poin rencana tindak lanjut telah disepakati bersama. Pertama, tim penyusun berkomitmen untuk menyelesaikan perbaikan dokumen hingga dokumen utuh dan siap untuk disahkan oleh pejabat setempat. Setelah disahkan, tim penyusun akan melakukan sosialisasi dokumen kepada pihak-pihak terkait, lintas program dan lintas sektor. Pada periode selanjutnya, direncanakan pula untuk menguji operasionalisasi dokumen dengan mengadakan simulasi. Dengan ditentukannya rencana tindak lanjut, maka proses finalisasi pendampingan penyusunan dokumen di Kabupaten Magelang oleh PKMK FK-KMK UGM bekerja sama dengan Pokja Bencana FK-KMK UGM dinyatakan selesai. Namun, para konsultan tidak menutup kanal komunikasi. Jika tim penyusun masih ingin berkoordinasi, berkonsultasi, dan berkolaborasi, maka para konsultan siap menerima permintaan tersebut.

Reporter: dr. Alif Indiralarasati